Efek Negatif dari Teknologi Wireless Fidelity (Wi-Fi)

Wi-Fi merupakan kependekan dari Wireless Fidelity, yang memiliki pengertian yaitu sekumpulan standar yang digunakan untuk Jaringan Lokal Nirkabel (Wireless Local Area Networks – WLAN) yang didasari pada spesifikasi IEEE 802.11. Standar terbaru dari spesifikasi 802.11a atau b, seperti 802.16 g, saat ini sedang dalam penyusunan, spesifikasi terbaru tersebut menawarkan banyak peningkatan mulai dari luas cakupan yang lebih jauh hingga kecepatan transfernya.

Saat ini, banyak sekali tempat-tempat umum yang menyediakan jaringan Wi-FI, kenapa ? Ya karena Kehidupan di era Smart Phone saat ini, kehidupan kita sangat tergantung pada koneksi internet. Ke manapun, entah itu hotel, restoran, kafe, airport, bahkan rumah sakit sekalipun, pasti kita mencari koneksi Wi-Fi. Tapi, ada satu hal yang perlu kita ketahui tentang dampak negatif dari koneksi Wi-Fi.

Koneksi Wi-Fi bekerja dengan menggunakan gelombang elektromagnetik. Itu artinya, sinyal yang aktif di sekitar kita sesungguhnya sangat berbahaya bagi manusia dan efeknya dapat terlihat dalam jangka waktu panjang.

Studi yang baru-baru ini dilakukan oleh British Health Agency menyimpulkan bahwa router sangat membahayakan kesehatan, bukan hanya bagi manusia tapi juga makhluk hidup lainnya seperti hewan dan tanaman.

Tanaman yang ditanam di area dengan sinyal WiFi ternyata tidak bisa tumbuh dengan sempurna. Nah, hal ini dapat terjadi juga pada manusia, terutama anak-anak.

Berikut beberapa Dampak negatif wi-fi sehubungan dengan radiasi elektromagnetik, apabila kita sering berada dekat dengan peralatan elektronik atau menara pemancar:

  1. Keluhan nyeri di bagian kepala, telinga dan tenggorokan.
  2. Gangguan tidur
  3. Gangguan kemampuan konsentrasi
  4. Menurunkan fungsi dan kerja otak dalam jangka waktu panjang

Untuk menghindari hal-hal di atas ada beberapa tindakan pencegahan , yang bisa kita lakukan, antara lain :

  1. Apabila tidak di perlukan , segera Matikan koneksi Wi-Fi, terutama sebelum tidur malam hari.
  2. Untuk rumah yang mempunyai  fix phone (Telepon rumah), gunakanlah fasilitas tersebut apabila berada di rumah, dengan hal ini Anda dapat  mengurangi paparan gelombang elektromagnetik.
  3. Kamar tidur harus bersih dari hal-hal paparan gelombang elektromagnetik, untuk itu  Jangan letakkan router di kamar tidur.

Demikianlah hal-hal yang bisa kita lakukan untuk mengurangi dampak negatif dari perkembangan teknologi Wi-Fi.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s