Pentingnya Memahami dan Mengerti Polis Asuransi Jiwa Anda

Pada saat pertama kali Anda menerima Polis Asuransi, baik Jiwa maupun Kesehatan , menjadi kewajiban Anda untuk segera membaca dan memahami apa isi dari Polis Asuransi tersebut. Banyak orang yang selalu beranggapan bahwa isi polis asuransi begitu rumit dan sulit dipahami sehingga mereka memilih untuk tidak membacanya secara detail saat mereka menerima polis . Ini tentu sebuah kesalahan sebab di dalam polis asuransi berbagai hal penting mengenai layanan tersebut akan tertera di sana. Lalu, jika Anda memilih untuk tidak membacanya dengan baik, bagaimana mungkin bisa memahami isinya dengan benar?

Berdasarkan pengalaman pada saat menawarkan Asuransi ke calon nasabah, banyak di antara mereka yang tidak percaya akan Asuransi, di karenakan mereka banyak mendengar berita-berita, yang pada intinya akan merugikan si nasabah,  Setelah di telaah dan dalami ternyata , banyak sekali terjadi salah paham atau complain, di karenakan ketidak pahaman terhadap polis asuransi yang di pilih sendiri oleh Nasabah .

Polis menjadi hal yang wajib untuk Anda baca dan pahami dengan baik. Sebab berbagai hak dan kewajiban akan dimuat di dalamnya. Jangan sampai Anda mengalami gagal klaim atau masalah lainnya atas asuransi yang Anda gunakan. Kejadian tersebut tentu akan menimbulkan kerugian terhadap keuangan Anda. Di bawah ini beberapa poin yang harus Anda ketahui dari polis asuransi.

 

  • Pahami Isi Polis Asuransi

Perusahaan Asuransi tidak hanya sekadar menjual produk,  perusahaan asuransi memberikan waktu yang cukup bagi Anda untuk memahami dan mempelajari isi polis yang di beli. Anda akan diberikan waktu sekitar 14 hari untuk bisa memahami secara detail polis asuransi. Dan jika merasa keberatan atas isi polis tersebut, Nasabah bisa membatalkan pembelian polis asuransi tersebut dan  semua premi yang telah dibayarkan akan dikembalikan tanpa potongan.

  • Data Mengenai Pemegang Polis dan Tertanggung

Polis merupakan dokumen legal yang penting di dalam layanan asuransi yang Anda gunakan. Selalu pastikan bahwa Anda melakukan pengisian data awal dengan teliti dan benar. Ini akan sangat penting untuk berbagai urusan ke depannya nanti, termasuk saat akan melakukan klaim ke pihak perusahaan asuransi.

Kesalahan pengisian data akan menyulitkan Anda dalam mengurus berbagai hal terkait dengan asuransi Anda.

  1. Manfaat Perlindungan Asuransi

Jangan lupa untuk memastikan bahwa semua manfaat yang ada di dalam asuransi yang Anda beli telah sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Jangan sampai Anda dirugikan atas hal tersebut. Setidaknya, cermati beberapa poin di bawah ini terkait dengan manfaat asuransi tersebut.

– Jumlah uang pertanggungan yang akan diterima ahli waris apabila sewaktu-waktu tertanggung mengalami musibah semisal kecelakaan.

– Jangka waktu pertanggungan yang akan diberikan perusahaan asuransi terhadap tertanggung.

– Fasilitas rawat inap yang akan didapatkan, termasuk berbagai layanan di dalamnya.

Premi juga menjadi hal yang sangat penting untuk Anda pahami secara detail. Bisa saja perusahaan asuransi menerapkan sejumlah aturan terkait dengan hal tersebut. Beberapa poin di bawah ini menjadi hal penting yang wajib Anda cermati terkait dengan premi asuransi.

Jumlah premi yang harus dibayarkan, jangka waktu pembayaran, cara pembayaran, dan berbagai ketentuan lainnya terkait dengan pembayaran tersebut.

Ketentuan yang terkait dengan keterlambatan pembayaran premi. Dalam hal ini, perusahaan asuransi akan menerapkan kebijakan tertentu yang sangat mungkin akan berpengaruh pada keefektifan layanan asuransi yang Anda miliki tersebut.

Pemulihan kembali polis yang sudah lapse (tidak aktif) kalau sewaktu-waktu Anda mengalami tunggakan premi yang mengakibatkan polis tersebut tidak bisa digunakan sebagaimana mestinya.

  • Pengecualian Manfaat

 Dalam polis asuransi ada klausul yang penting untuk diperhatikan, yaitu pengecualian. Pengecualian berarti hal-hal yang tidak ditanggung dalam polis, beberapa di antaranya :

  • Keterlibatannya dalam perkelahian tanding, kecuali jika hal itu merupakan tindakan membela diri, melukai diri sendiri atau upaya untuk melukai diri sendiri, atau bunuh diri baik dalam keadaan sehat fisik dan mental maupun tidak.
  • Tindakan kriminal yang dilakukan dengan maksud tertentu oleh Anda, Tertanggung atau seseorang yang ditunjuk sebagai Termaslahat.
  • Kecelakaan pesawat udara dimana Tertanggung sebagai penumpang atau awak dari pesawat udara tersebut yang jadwal penerbangannya tidak tetap.
  • Kecelakaan yang terjadi sebagai akibat dari sakit jiwa, penyakit yang menyerang sistem syaraf, mabuk (Tertanggung berada di bawah pengaruh alkohol), penggunaan narkotik dan atau obat terlarang.

 

  • Ketentuan Pemotongan Biaya

Sejumlah biaya yang diterapkan di dalam layanan asuransi Anda tentu menjadi hal yang wajib untuk dipahami sejak awal. Sebab ini akan mengurangi manfaat yang Anda dapatkan. Simak beberapa biaya yang patut dicermati, terutama bila mengambil asuransi unit link.

Biaya akuisisi dan pemeliharaan (supplementary fee)

– Biaya Administrasi Bulanan – Biaya Pengelolaan Dana (per tahun)

Biaya administrasi polis setiap bulan. Besarnya biaya administrasi akan berbeda setiap perusahaan asuransi. Di Allianz, biaya administrasi di 1 tahun pertama gratis sehingga biaya administrasi akan mulai dipotong sejak bulan ke 13 yaitu hanya sebesar Rp 26.500 saja. Coba bandingkan dengan biaya administrasi yang jauh lebih besar di asuransi lain.

Polis Asuransi adalah suatu perjanjian asuransi atau pertanggungan bersifat konsensual (adanya kesepakatan), harus dibuat secara tertulis dalam suatu akta antara pihak yang mengadakan perjanjian.

Baca dan pahami secara detail polis yang Anda miliki sehingga Anda bisa melihat dan menyesuaikannya dengan kebutuhan. Pastikan Anda memiliki polis yang tepat sehingga manfaatnya bisa terasa maksimal, sesuai dengan tujuan Anda membeli polis tersebut.

Kalau Anda ada kebutuhan akan Asuransi dan ingin informasi lebih detail, silahkan contact saya :

Luthfi Sjarif (Business Executive)

HP/WA: 0811919438 |Email :  allisyaasuransiku@gmail.com |Tingal di Seputaran Bintaro.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s