Hal penting dalam Memilih Asuransi Jiwa Yang Tepat

Kesadaran masyarakat saat ini akan Asuransi , sudah semakin tinggi, ini di sebabkan juga dengan semakin tingginya gaya hidup dan tingkat ekonomi, yang telah di capai oleh masyarakat. Dalam memilih asuransi mana yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan, tidak lah gampang, karena jumlah perusahaan asuransi jiwa saat ini sangatlah banyak.

Berikut adalah beberapa hal yang harus di perhatikan di dalam memilih Asuransi jiwa dan kesehatan, yang sesuai dengan kebutuhan kita.

  • Anggaran (Budget) yang tersedia.

Seringkali kita bigung, pada saat harus memilih suatu produk, begitu juga dengan asuransi. Dengan telah memutuskan anggaran yang bisa kita alokasikan untuk asuransi, memilih produk asuransi akan semakin gampang dan memenuhi tujuan kita membeli Asuransi. Dalam teori prencanaan keuangan, cara idealnya adalah mengalokasikan pendapatan atau income antara 10%-20%  untuk asuransi.

  • Kenali Kebutuhan Anda

Proses membeli asuransi, sebetulnya sama dengan membeli barang pada umumnya. Hanya saja kalau kita membeli barang pada umumnya bisa di lakukan secara “self service”, untuk produk asuransi biasanya , Anda akan di bantu oleh agent. Agent tersebut akan mencari tau, apa sebetulnya yang anda harapkan dari produk asuransi tersebut. Beberapa perusahaan asuransi yang di wakili oleh agent, biasanya akan menawarkan kepada Anda lebih dari satu produk, oleh karena itu pilihlah produk yang sesuai dengan kebutuhan, kemampuan, serta tujuan keuangan Anda. Resiko apa saja yang akan tertanggung. Misalnya, biaya pendidikan anak, jaminan hari tua atau penyakit kritis yang mungkin akan dapat terjadi. Pelajari dan bandingkan antara produk asuransi satu dengan produk asuransi yang lainnya, dan sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

  • Ikut Asuransi selagi sehat

Setiap perusahaan asuransi mempunyai kriteria berbeda dalam hal kondisi kesehatan calon pembeli asuransi mereka. Beberapa bahkan ada yang menolak pengajuan asuransi yang diberikan calon klien jika dirasa tidak memenuhi persyaratan mereka. Maka dari itu ada baiknya jika Anda membeli asuransi selagi Anda sehat, hal ini tentu saja berpengaruh terhadap premi yang dibayarkan. Jika dalam kondisi sehat, premi yang dibayarkan akan minimal dibandingkan jika Anda membelinya pada saat sudah sakit. Lakukan sedini mungkin, selagi Anda sehat.

  • Track record (rekam jejak) dari Perusahaan asuransi yang akan di pilih.

Asuransi merupakan perjanjian jangka panjang. Oleh karena itu kredibilitas perusahaan asuransi yang anda pilih, juga menjadi hal ini yang  sangat penting. Pilihlah perusahaan asuransi yang tidak bermasalah dalam hal pengelolaan keuangannya. Memonitor perkembangan dan kinerja atau pengelolannya salah satu cara yang dapat dilakukan. Pastikan apakah perusahaan asuransi yang Anda pilih tidak bermasalah. Anda bisa melihat laporan keuangannya melalui surat kabar, atau media massa lainnnya. Lihat peringkat serta ratingnya. Perhatikan RBC (Risk Based Capital) perusahaan tersebut, apakah telah sesuai ketentuan pemerintah yang minimal 120%. Kenali dengan baik seluk beluk perusahaan yang akan Anda pilih.

  • Pelayanan

Pilihlah asuransi perusahaan asuransi yang  menawarkan pelayan ekstra. Seperti memiliki layanan pelanggan 24 jam. Hal ini  tentu akan membantu Anda nantinya, jika membutuhkan informasi mengenai detail produk asuransi jiwa kapanpun Anda butuhkan. Ketahui juga bagaimana prosedur klaim yang digunakan. Mulai dari persyaratannya sampai dengan berapa lama klaim Anda akan dibayar nantinya. Apakah perusahaan tersebut bekerja sama dengan pihak rumah sakit, sehingga memudahkan nasabah dalam mengajukan klaim, tanpa membayar terlebih dahulu. karena jika tidak, akan merepotkan Anda nantinya.

Anda Ingin mengetahui Perusahaan asuransi yang tidak perlu membayar mahal ?, mempunyai track record yang tidak perlu di ragukan lagi & Pelayanan yang sangat super sekali ? Please Contact Saya:

Luthfi Sjarif (Business Executive)

HP/SMS: 08119909798

Email :  allisyaasuransiku@gmail.com, Tingal di Seputaran Bintaro.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s