Adakah Asuransi Berbasis Investasi?

Sebagai pengusaha, pastinya Anda memiliki orientasi untuk menggandakan kekayaan. Tujuan investasi adalah mengembangkan dana, oleh karena itu unitlink juga bisa menjadi pilihan untuk mengembangkan dana.

Setiap orang pasti menginginkan manfaat ganda dari asuransi yang tidak hanya memberikan perlindungan jiwa, tetapi juga memberikan hasil investasi di akhir periode perlindungan. Kini kebutuhan And tersebut pun dapat dipenuhi dengan hadirnya produk asuransi Unit Link.

Produk asuransi ini memiliki dua manfaat, yakni proteksi dan investasi. Meskipun demikian, yang diutamakan dari jenis asuransi ini tetaplah dari sisi proteksi atau perlindungan jiwa, sementara manfaat investasi adalah tambahan dari pengembangan dana yang Anda miliki. Manfaat investasi ini sangat cocok bagi Anda yang menginginkan adanya dana darurat tambahan yang dijadikan investasi pribadi di masa yang akan datang.

Manfaat dasar asuransi jiwa, yaitu uang pertanggungan atas risiko meninggal dunia, sakit kritis dan manfaat tambahan lain yang dibutuhkan, seperti misalnya manfaat rawat inap rumah sakit, manfaat pembebasan premi akibat cacat total/tetap dan lain sebagainya. Maka dari itu, justru dengan mengoptimalkan sisi proteksi asuransi maka Anda pun justru melindungi investasi yang telah Anda kumpulkan agar tidak terganggu oleh keperluan biaya yang besar dan mendadak yang mungkin terjadi. Dengan demikian, sisi investasi dapat Anda optimalkan untuk mencapai tujuan finansial jangka panjang yang Anda rencanakan.

Saat membeli produk unit link, Anda diwajibkan untuk membayar premi secara berkala atau sekaligus. Kemudian premi yang telah dibayarkan akan dialokasikan untuk dua hal, yakni untuk membayar premi asuransi baru setelah itu diinvestasikan ke dalam investasi fund yang dapat Anda pilih sesuai profil risiko Anda.

Seperti yang dijelaskan oleh Pak Didin Pratik Komara, selaku Head of Product Offer Allianz.  “Sedangkan untuk alokasi investasi, Anda harus menentukan terlebih dahulu fund investasi apa yang tepat sesuai dengan profil risiko Anda. Prinsipnya adalah high risk, high income. ”

Apakah Anda termasuk profil yang ‘konservatif’ yang cenderung memilih hasil investasi stabil dengan risiko investasi rendah? Bisa juga Anda termasuk dalam profil risiko ‘moderat’ yang mendambakan hasil investasi tinggi, namun masih ragu-ragu dalam mengambil risiko. Atau bahkan Anda termasuk dalam profil risiko ‘agresif’ yang lebih siap menghadapi segala kemungkinan pengurangan nilai pokok investasi untuk mendapatkan hasil investasi yang tinggi dengan memilih produk investasi berisiko tinggi.

Setelah mengetahui profil risiko, barulah Anda menentukan fund yang tepat. Mulai dari deposito, saham dan obligasi hingga jenis saham (Equity Fund). Perlu diingat bahwa, hasil investasi produk unit link ditentukan oleh kondisi pasar ekonomi, sehingga investasi pada unit link sebaiknya dalam waktu jangka panjang.

Alokasi premi yang terbagi untuk biaya asuransi dan investasi ini dapat Anda tentukan sejak awal pembelian produk asuransi dan dapat disesuaikan kembali dengan kebutuhan di kemudian hari.

Unit link memiliki fleksibilitas tinggi, sehingga kapanpun Anda dapat mengubah penempatan dana investasi sesuai keinginan. Anda pun dapat menambah dengan manfaat tambahan (rider) sesuai kebutuhan.

Yang perlu Anda catat adalah Unit Link merupakan produk asuransi, sehingga alokasi untuk proteksi tetap menjadi prioritas. Jika dilihat dari sisi keuntungan, memang Unit Link tidak bisa memberikan keuntungan maksimum dalam waktu singkat seperti reksadana maupun properti. Karena memang Unit Link dari awalnya dimaksudkan untuk memberikan proteksi. Investasi hanya lah nilai tambah dari Unit Link itu sendiri.

sumber : http://www.allianz.co.id/community-detail/adakah-asuransi-berbasis-investasi-27533-1

Untuk Informasi lebih lanjut bisa contact

M. Luthfi (Business Executive)
HP/SMS: 08119909798

Email :  allisyaasuransiku@gmail.com

Tinggal di Tangerang Selatan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s