Hidup Lebih tenang dengan Asuransi.

Asuransi saat ini kalau di lihat dari sisi konsep dasarnya ada dua, yaitu Asuransi Konvensional yang prinsipnya memindahkan resiko, dan Asuransi Syariah yang prinsipnya kebersamaan di dalam menanggung resiko.

Menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK), asuransi adalah perjanjian antara penanggung dan tertanggung yang mewajibkan tertanggung membayar sejumlah premi untuk memberikan penggantian atas risiko kerugian, kerusakan, kematian, atau kehilangan keuntungan yang diharapkan, yang mungkin terjadi atas peristiwa yang tak terduga.

Dari pengertian itu jelas kalau asuransi lebih dititikberatkan usaha mentransfer risiko ke perusahaan asuransi. Sebagai imbalan atas jasanya itu, maka kita memberikan kompensasi kepada perusahaan asuransi yang disebut premi asuransi.

Saat ini banyak sekali orang-orang di usia produktif (20 – 35 tahun), yang bekerja dengan giat, dengan motivasi untuk mengumpulkan pundi-pundi Asset, baik yang berbentuk uang, Investasi dan Property, dengan harapan akan hidup berkecukupan di saat sudah memiliki Keluarga dan anak. Tapi dalam kehidupan ini ,ada risiko yang bisa saja terjadi, bisa saja yang tadinya produktif, menjadi tidak produktif lagi.

Berikut adalah sejumah resiko yang akan mungkin terjadi di dalam kehidupan kita sehari-hari :

  1. Kecelakaan di rumah dan jalan
  2. Tiba-tiba mengalami masalah kesehatan, yang sebelumnya tidak terdeteksi.
  3. Tidak bisa melanjutkan mencari nafkah, karena alasan kesehatan .
  4. Terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), sehingga kehilangan sumber mata pencarian.
  5. Kehilangan harta (karena pencurian, kebakaran, dan lain-lain)
  6. Korban dari penipuan rekan bisnis atau penyalahgunaan kartu kredit
  7. Korban dari Tindakan kekerasan oleh pihak lain dan masih banyak kemungkinan lainnya.

Asuransi memang tidak bisa menghindarkan kita dari risiko yang terjadi, akan tetapi setidaknya dengan memiliki Asuransi, bisa mengurangi beban kita.

Berikut beberapa manfaat Asuransi Jiwa:

  1. Meminimalisasi risiko yang tak terduga. Siapapun tidak bisa mengantisipasi atau menduga terjadinya suatu bencana dalam keluarga Anda. Dengan asuransi, perlindungan bisa didapat sehingga akan terasa meringankan.
  1. Keluarga Anda akan lebih terjamin. Jika terjadi sesuatu pada kepala keluarga/Anda, ada “dana cadangan” yaitu klaim asuransi yang bisa digunakan untuk membantu keluarga.
  2. Banyak hal yang bisa disiapkan. Pendidikan anak, pengeluaran keluarga bulanan, hingga berbagai kebutuhan yang sifatnya rutin, bisa terbantu dengan dana talangan yang sudah disiapkan dari skema asuransi jiwa.
  3. Berbagai fasilitas memudahkan bisa didapatkan melalui asuransi Jiwa apalagi kini asuransi jiwa banyak digabung dengan berbagai perencanaan lain yang bisa membantu saat-saat sulit di masa depan.
  4. Menenteramkan pikiran Anda akan masa mendatang. Bagi yang menjadi kepala keluarga, adanya asuransi jiwa bisa membuat pikiran lebih tenteram karena akan ada dana cadangan bila terjadi sesuatu kelak. Dengan begitu, kerja bisa lebih tenang dan hasil pun lebih maksimal.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s