Memanfaatkan Jaringan Media sosial untuk Memasarkan dan Menjual Produk Asuransi

Apa itu Media sosial  ? merujuk ke https://id.wikipedia.org/wiki/Media_sosial,

Media sosial adalah   sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blogjejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Andreas Kaplan dan Michael Haenlein mendefinisikan media sosial sebagai “sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang membangun di atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0 , dan yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran user-generated content“.[1]

Kalau kita melihat kembali ke 20 tahun yang lalu. Untuk berhubungan dengan orang lain di luar kota sangatlah sulit. Menggunakan telepon (Interlokal), memerlukan biaya yang tidak sedikit. Sehingga saat itu banyak Orang-orang menggunakan Surat untuk melakukan komunikasi. Hal ini semua membuat orang, relasi, dan keluarga yang terpisah jauh akan sangat sulit untuk dihubungi.

Namun dengan pesatnya perkembangan teknologi saat ini , memungkinkan orang untuk berhubungan dengan orang lain meskipun terpisah ribuan kilometer dan zona waktu yang berbeda pun menjadi semakin mudah dan dengan biaya yang terjangkau. Ya, media sosial adalah salah satu perkembangan teknologi yang memiliki andil besar dalam memberikan kemudahan bagi manusia untuk berkomunikasi dan bersosialisasi.

Di Indonesia berdasarkan data yang di dapat dari https://id.techinasia.com/talk/statistik-pengguna-internet-dan-media-sosial-terbaru-di-indonesia , Dengan penetrasi 34 persen, kini pengguna internet di Indonesia mencapai 88,1 juta pengguna. 79 juta di antaranya merupakan pengguna media sosial aktif. Angka yang tidak mengherankan, mengingat Indonesia merupakan salah satu negara teraktif di media sosial. Berikut data-datanya :

ms01_fix

ms02_fix

Dari data-data di atas, bisa di lihat betapa besarnya market/pangsa pasar yang bisa kita mandaatkan untuk menjual/memasarkan Produk yang kita jual.

Salah satu Produk finansial yang cukup populer di kalangan masyarakat adalah asuransi. Asuransi adalah produk finansial yang dapat memberikan jaminan untuk berbagai jenis kerugian atau musibah yang terjadi pada klien.

Asuransi tersedia dalam beragam pilihan jenis dengan fungsi yang berbeda-beda. Sebagai contoh, asuransi kesehatan dapat memberikan jaminan untuk berbagai jenis perawatan serta tindakan medis, sementara, asuransi pendidikan dapat memberikan jaminan untuk biaya pendidikan.

Melihat semakin tingginya permintaan akan asuransi, menjadi  agen asuransi dianggap sebagai salah satu kesempatan karir yang cukup menjanjikan saat ini.

Agen Asuransi saat ini dapat menggunakan  Media sosial untuk menjual produk asuransi secara efektif dan tepat sasaran. Dengan mengetahui cara menjual produk asuransi yang tepat sasaran, Anda juga akan mampu meningkatkan angka penjualan secara lebih mudah dan efektif pula.

Salah satu metode pemasaran produk asuransi yang lebih efektif dan efisien adalah dengan menggunakan fasilitas online. Memasarkan produk asuransi secara online akan memungkinkan Anda untuk mencapai pangsa pasar yang lebih besar. Metode pemasaran secara online juga dapat membantu Anda dalam menghemat biaya operasional sehingga pemasaran yang Anda lakukan akan jadi lebih efisien dan tepat sasaran.

Situs atau Blog di gunakan untuk memasarkan produk asuransi secara online, dan mencakup pasar yang tidak terbatas.

Hal ian yang perlu di perhatikan juga adalah tetap melakukan hubungan/contact secara “offline” atau bertemu langsung dengan Klien Anda, karena Anda harus bisa mempertahankan kepercayaan klien yang sudah Anda miliki. Ada pendapat yang mengatakan lebih mudah untuk mendapatkan klien Baru, dari pada mempertahankan Loyalitas Klien Anda. Untuk dapat mempertahankan Loyalitas klien Anda, kadang kala Anda harus memberikan reward kepada klien Anda, sehingga Klien Anda akan merasa tetap di perhatikan.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s