Asuransi itu Penting bagi Masa Depan Keuangan Anda

purple-flower

Sering kali pada saat seseorang di tawarkan Asuransi, orang tersebut akan terlihat menolak dan berkata, bahwa saat ini, belum memerlukan Asuransi, karena dana belum ada untuk membayar premi , orang ini  masih beraanggapan bahwa membayar premi asuransi, hanya akan  menambah beban keuangan. Pertanyaannya, apa memang benar begitu?

Seperti kita kita ketahui bersama bahwa Asuransi itu pada dasarnya adalah proteksi, apabil  terjadi suatu resiko, dan kita tidak pernah akan tau kapan resiko itu akan terjadi.kalau seandainya kita dianugerahi kemampuan bisa melihat apa yang akan terjadi di kehidupan pada masa depan, mungkin kita tidak memerlukan Asuransi, karena kita bisa menghindarinya, akan tetapi kita tidak punya kemampuan seperti itu. Untuk itulah kita memerlukan Asuransi, terutama Asuransi yang terkait dengan dua hal yang paling bernilai yaitu : Jiwa dan kesehatan .

Risiko yang dilindungi  oleh Asuransi

Berikut adalah sejumah resiko yang akan mungkin terjadi di dalam kehidupan kita sehari-hari :

  1. Kecelakaan di rumah dan jalan
  2. Tiba-tiba mengalami masalah kesehatan, yang sebelumnya tidak terdeteksi.
  3. Tidak bisa melanjutkan mencari nafkah, karena alasan kesehatan .
  4. Terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), sehingga kehilangan sumber mata pencarian.
  5. Kehilangan harta (karena pencurian, kebakaran, dan lain-lain)
  6. Korban dari penipuan rekan bisnis atau penyalahgunaan kartu kredit
  7. Korban dari Tindakan kekerasan oleh pihak lain dan masih banyak kemungkinan lainnya.

Perusahaan asuransi akan menilai risiko yang mengancam serta jaminan penggantian dari pekerjaan Anda. Tingkat resiko dari orang per orang tentu berbeda-beda, tergantung dari jenis Pekerjaannya. Contoh pekerjaan seorang tenaga administrasi di sebuah kantor dengan tenaga pemasaran, tingkat resikonya berbeda, tentu tenaga pemasaran yang lebih sering melakukan aktifitas di luar akan lebih berisiko daripada pekerja administrasi. Semakin tinggi risiko, semakin besar jaminan penggantian jika terjadi musibah.

Premi Asuransi vs Proteksi

Seperti di jelaskan di atas, jenis pekerjaan, juga akan menentukan jumlah premi yang di bayar. Begitu juga dengan gaya hidup, apabila kita seorang perokok berat, maka premi yang harus di bayar juka akan semakin tinggi, Untuk itulah kita harus benar-benar jeli dan mengerti manfaat Proteksi/perlindungan yang kita dapat, pada saat kita menjadi peserta Asuransi. Semakin besar risiko yang dipertanggungkan, semakin besar pula premi asuransi yang harus dibayar. Maka itu, hal sangat  penting pada saat kita akan mengikuti program Asuransi adalah kita harus tau persis dan detail, untuk apa kita mengikuti Asuransi. Contohnya apabila Anda berumur, 25 tahun, sehat dan tidak merokok, akan lebih baik kalau Anda untuk mengambil jumlah Uang Pertanggungan (UP) yang maksimal, dari pada UP sedang-sedang saja tapi lebib banyak di Asuransi tambahan (Rider) yang lain. Asuransi tambahan (Rider) akan bisa di tambahkan nanti, seiring dengan Usia kita. Untuk itu jangan pernah bosan-bosannya untuk mengerti dan mereview polis Asuransi, yang telah Anda miliki.

Alangkah baiknya sekarang anda  menanggalkan pikiran umum bahwa asuransi berarti membayar sesuatu yang tidak diperlukan, akan lebih baik kalau Anda berpikir bahwa dengan memiliki Polis Asuransi, Anda akan semakin tenang dan tidak akan terlalu mempengaruhi keuangan Anda, apabila terjadi sesuatu resiko.

Dengan Asuransi masa depan keuangan Anda dan keluarga lebih terjamin.

Pepatah mengatakan Sedia Payung sebelum hujan, dan mencegah lebih baik daripada mengobati. Daripada terbelit masalah keuangan setelah tertimpa musibah karena tak punya asuransi, lebih baik kita mencegah masalah itu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s