Kesadaran Masyarakat Berasuransi Makin Tinggi

JAKARTA, (PR).- Industri asuransi jiwa Indonesia mencatat pertumbuhan meningkat yang mencerminkan semakin tingginya kesadaran masyarakat dalam berasuransi. Indikator pertumbuhan itu terlihat dari total klaim dan manfaat yang dibayarkan.

Pada kuartal kedua tahun ini klaim dan manfaat yang dibayarkan industri asuransi mencapai Rp 44,7 triliun atau meningkat 3,6 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 43,16 triliun. “Kita berharap lebih banyak lagi masyarakat berasuransi, sehingga terlindungi saat terjadi risiko tak terduga seperti sakit, kecelakaan, dan meninggal dunia,” kata Ketua Umum Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Hendrisman Rahim dalam jumpa pers di Jakarta, Senin 10 Oktober 2016.

Dikatakan, pertumbuhan yang kuat ini sekaligus menunjukkan komitmen tinggi industri asuransi jiwa Indonesia. Hal itu untuk senantiasa berusaha dan fokus kepada pertumbuhan bisnis yang dilandasi oleh penyediaan berbagai produk perlindungan keuangan dan investasi jangka panjang yang dibutuhkan masyarakat Indonesia.

Hendrisman mengungkapkan, total pendapatan industri asuransi jiwa pada periode yang sama meningkat hingga 42 persen menjadi Rp 99,88 triliun dari sebelumnya Rp 69,97 triliun.

Realitas tersebut didukung meningkatnya total pendapatam premi bisnis baru sebesar 10,8 persen menjadi Rp 43,41 triliun dan total premi lanjutan sebesar 9 persen menjadi Rp 31,19 persen, serta meningkatnya hasil investasi menjadi Rp 21,92 triliun, dan pendapatan lainnya sebsar 32,9 persen menjadi Rp 2,03 triliun.

Sementara Ketua Bidang Regulasi dan Best Practice AAJI Maryoso Sumaryono mengatakan, selain angka klaim kesehatan, akhir kontrak, dan meninggal, angka klaim partial withdrawal atau penarikan sebagian menunjukkan penurunan menjadi Rp 6,37 triliun dari Rp 10,69 triliun.

“Penurunan tersebut menunjukkan semakin meningkatnya kesadaran masyarakat dalam berasuransi dan berinvestasi dalam jangka panjang,” ungkap Maryoso.

Hal yang sama juga diungkapkan Kepala Departemen Komunikasi AAJI Nini Sumohandoyo yang mengatakan, AAJI bersama regulator dan instansi terkait lainnya akan terus berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berasuransi melalui bebagai kegiatan edukasi tentang asuransi jiwa dan manfaatnya.

“Kami terus berupaya membuka akses asuransi jiwa kepada masyarakat melalui berbagai jalur distribusi,” papar Nini.***

sumber :

http://www.pikiran-rakyat.com/ekonomi/2016/10/10/kesadaran-masyarakat-berasuransi-makin-tinggi-381848

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s