5 JENIS ASURANSI YANG WAJIB DIMILIKI

Seorang penulis masalah keuangan dari Amerika Serikat, Lisa Smith, menekankan bahwa ada 5 jenis asuransi yang harus kita miliki, antara lain:

1. ASURANSI JIWA

Tentu saja hal ini menjadi penting, terutama untuk keluarga muda yang baru menata kehidupan berumah tangga. Seorang kepala keluarga yang baik harus memiliki asuransi untuk berjaga-jaga agar anggota keluarga yang bergantung kepadanya dapat terus melanjutkan hidup jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada diri kepala keluarga tersebut.
Dengan kata lain, sebenarnya asuransi jiwa bukan melindungi diri kita sebagai peserta asuransi jiwa, tapi memberikan perlindungan kepada orang-orang yang secara keuangan bergantung kepada kita.

2. ASURANSI CACAT TETAP

Bagi saya pribadi, risiko cacat tetap (total) lebih menakutkan daripada kematian. Kenapa? Karena ketika kita menderita cacat seperti ini maka artinya kita tidak lagi dapat melakukan hal-hal yang produktif dan hanya akan menjadi beban tanggungan bagi keluarga kita.
Oleh karena itu, kita harus memastikan bahwa secara keuangan keluarga kita akan terlindungi dari risiko cacat tetap ini. Di Indonesia pada umumnya asuransi jenis ini dijual sebagai tambahan (raider) dari asuransi jiwa dasar.
Karena risiko yang ditimbulkan hampir sama dengan risiko kematian maka sebaiknya nilai pertanggungan dibuat sama dengan pertanggungan asuransi jiwa.

3. ASURANSI KESEHATAN

Biaya kesehatan yang semakin mahal juga harus diperhatikan karena berpotensi besar mengganggu stabilitas keuangan keluarga. Beruntung buat sebagian dari kita yang telah memiliki perlindungan asuransi kesehatan untuk keluarga dari tempat kerja. Namun yang harus dipastikan adalah kecukupan dari perlindungan tersebut.
Sebagai contoh, jika perlindungan rawat inap (harga kamar) untuk setiap anggota keluarga yang ditanggung kantor memiliki plafon Rp 500 ribu, kita harus dapat memastikan bahwa ada rumah sakit di sekitar tempat tinggal kita yang memiliki kamar seharga itu.
Jika ternyata plafon tersebut terlalu kecil atau tidak sesuai dengan kelas kamar yang kita inginkan, maka tidak ada salahnya kita mencari asuransi kesehatan tambahan untuk menambal selisih harga tersebut.

4. ASURANSI RUMAH TINGGAL

Rumah adalah harta yang sangat mahal dan sudah sewajarnya dilindungi dari segala macam risiko. Besarnya plafon perlindungan ini sebaiknya dihitung berdasarkan luas bangunan dikalikan dengan biaya pembangunan rumah per meter persegi pada saat ini.
Harga tanah tidak perlu dimasukkan dalam penghitungan uang pertanggungan. Biasanya untuk rumah tinggal yang dibeli secara kredit, asuransi ini menjadi suatu keharusan yang diwajibkan oleh bank atau multifinance.

5. ASURANSI KENDARAAN BERMOTOR

Berkendara di kota besar, terutama di kota padat dan semerawut seperti Jakarta, memiliki risiko yang cukup tinggi meskipun kita termasuk dalam kategori pengendara yang sangat berhati-hati. Risiko tertabrak, risiko menabrak, risiko tuntutan pihak ketiga, sampai risiko kehilangan kendaraan harus kita hadapai di jalanan setiap hari.
Karena itu perlindungan asuransi sangat dibutuhkan terutama untuk kasus kecurian dan rusak total. Sama seperti rumah tinggal, asuransi ini wajib dimiliki oleh kita yang membeli kendaraan secara kredit.

sumber:

http://catatankeluargamuda.com/5-jenis-asuransi-yang-wajib-dimiliki/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s