Mengenal Asuransi Kartu Kredit

kiat-atasi-tunggakan-kartu-kredit

Saat sekarang ini, penggunaan kartu kredit sudah menjadi gaya hidup di masyarakat, karena kartu kredit menyediakan beberapa kemudahan dan keuntungan antara lain :

  1. Aman

Beberapa orang akan waswas jika harus membawa uang cash dalam jumlah besar untuk bertransaksi. Resiko kehilangan adalah faktor yang paling mempengaruhinya. Nah dengan menggunakan kartu kredit, resiko ini tidak perlu kita khawatirkan lagi. Karena jika kita mengalami kehilangan kartu kredit maka kita bisa langsung melaporkannya kepada bank penerbit agar tidak disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Namun anda harus tetap mengkonfirmasi terlebih dahulu soal kebijakan dari masing-masing bank jika terjadi kasus seperti ini.

  1. Praktis

Dengan fasilitas yang disediakan kartu kredit, kita tidak perlu lagi kerepotan menghitung uang yang harus dibayarkan atau menghitung uang kembalian. Dan pastinya kita tidak perlu repot membawa uang cash dalam jumlah besar.

  1. Mudah

Berbagai kemudahan lain juga dapat dimanfaatkan nasabah dengan menggunakan kartu ini. Misalnya jika kita sedang memerlukan barang tertentu namun kita tidak memiliki uang cash, kita tetap dapat membelinya dengan kartu kredit dimana nantinya dapat kita lunasi belakangan. Hal ini akan menguntungkan jika ada diskon atau obral tertentu yang berlaku dalam waktu singkat.

  1. Keuntungan lain

Pernah melihat berbagai promo potongan harga yang hanya berlaku untuk penggunaan kartu kredit? Atau promo cicilan ringan dengan bunga 0%? Yups keuntungan seperti itu juga bisa kita dapatkan dengan menggunakan kartu kredit.

Namun selain memiliki berbagai keuntungan, ternyata penggunaan kartu ini akan dapat merugikan penggunanya jika ia tidak bisa mengatur penggunaannya dengan baik. Misalnya:

  1. Harus selalu membayar hutang

Seperti yang sudah tulis diatas, kita bisa berbelanja sesuka kita lalu membayarnya belakangan. Jika nilai atau jumlah “hutang” kita tidak terlalu banyak sepertinya tidak akan menjadi masalah. Namun jika hutang tersebut memiliki jumlah yang besar hingga kita tidak bisa membayarnya, tentu saja itu akan menjadi sebuah masalah.

  1. Pengaturan keuangan yang kacau

Jika kita tidak mampu menggunakan kartu kredit dengan bijak, maka bukan tidak mungkin pengelolaan keuangan kita akan kacau karena harus membayar hutang yang jumlahnya bisa saja lebih besar dari kemampuan kita sehingga kita tidak bisa menyisihkannya untuk hal lain seperti menabung misalnya.

  1. Menjadi konsumtif

Kemudahan yang ditawarkan membuat para pengguna kartu kredit menjadi konsumtif karena merasa dimudahkan terutama untuk hal berbelanja. Hal inilah yang harus diwaspadai.

Untuk mengatasi resiko dari gagal bayar atau hutang , biasanya pemegang kartu kredit di tawarkan dengan asuransi kartu kredit –biasa juga disebut Credit ProtectorCredit Shield, atau Credit Guard– yang sering disampaikan oleh telemarketer melalui telepon.  Apabila kita di tawarkan , biasaya pemegang karti kredit akan  langsung membuat keputusan hanya berdasarkan informasi sekilas yang diberikan telemarketer, alangkah mudahnya mengiyakan saja tawaran asuransinya, apalagi jika dikatakan bahwa itu wajib dan preminya sangat murah. Tapi apakah Anda benar-benar memerlukannya?

Utang setelah Anda meninggal

Menurut hukum waris, apabila seorang pengutang meninggal, utang yang belum terbayar diwariskan kepada ahli waris pengutang. Tergantung pemakaian kartu kredit pengutang yang telah meninggal serta jumlah aset yang diwariskannya, pembayaran utang kartu kredit bisa mengganggu keuangan ahli waris, atau setidaknya merepotkan. Asuransi kartu kredit fungsinya untuk membebaskan utang kartu kredit bila pemegang kartu meninggal dunia.

Cara kerja proteksi

Untuk memperoleh perlindungan ini, pemegang kartu kredit harus membayar premi asuransi yang besarnya sekitar 0,3%-0,8% dari total tagihan bulanan kartu. Jika utang kartu kredit Anda pada bulan tertentu bernilai Rp 1 juta, dan Anda berlangganan asuransi dengan premi 0,4%, maka premi Anda bulan itu berjumlah Rp 4.000. Apabila pada bulan itu Anda tidak punya hutang kartu kredit, maka Anda pun tidak perlu membayar premi.

Cara mengklaim asuransi

Untuk memperoleh manfaatnya, ahli waris pemegang kartu kredit perlu menghubungi bank penerbit kartu dalam kurun waktu tiga bulan sejak pemegang kartu meninggal dunia. Ahli waris perlu melampirkan surat permohonan, berikut surat kematian sebagai bukti. Dengan mengklaim asuransi ini, berakhir pula masa berlaku kartu kredit.

Tips menggunakan kartu kredit

Dengan adanya keuntungan dan kerugian yang sudah di bahas diatas, tentu saja kita harus pintar-pintar mengatur nilai transaksi saat menggunakan kartu kredit. Gunakanlah seperlunya dan kita harus bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan sebelum memutuskan untuk berbelanja. Karena jika anda tidak ingin terlilit hutang maka anda harus sedikit meredam keinginan dan lebih mengutamakan kebutuhan. Selain itu apabila kita ingin tenang, kita harus memiliki atau membeli Asuransi Jiwa, karena dengan memiliki Asuransi jiwa, apabila resiko terjadi, ahli waris  akan mendapat dana , dan dana tersebut bisa di gunakan, untuk menyelesaikan hutang-hutang yang ada, jadi jangan tunda lagi, segera hubungi agen anda untuk keterangan lebih lanjut dan jangan lupa, kartu kredit juga bisa di manfaatkan untuk membayar premi anda.

Untuk mengetahui beberapa alternative untuk pembayaran Premi bisa lihat di SINI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s