5 Cara Menyiapkan Dana Pendidikan Anak dengan Berinvestasi

cropped-cropped-kids_playing11

Pendidikan adalah sesuatu yang harus didapatkan oleh semua umat manusia. Terutama pendidikan bagi buah hati Anda. Bagi Anda yang baru memiliki anak, ada baiknya Anda simak artikel berikut ini karena mempersiapkan dana untuk si kecil menjalani jenjang pendidikannya.

Untuk bisa bersekolah di negara Indonesia ini bukanlah hal yang murah dan tidak dapat dipungkiri bahwa dana pendidikan di Indonesia masih menjadi sebuah beban yang berat bagi para orang tua.

Belum lagi untuk bisa mendapatkan pendidikan dari tingkat SD hingga sarjana yang dijalani selama bertahun-tahun akan terkena dampak dari inflasi yang terjadi dari tahun ke tahun. Sangat disarankan sebaiknya Anda sebagai orang tua agar menyiapkan dana untuk pendidikan anak Anda sejak masa hamil.

Cara untuk mendapatkan dana pendidikan si kecil ada beberapa pilihan. Pilihan paling masuk akal adalah dengan memiliki investasi karena investasi yang Anda miliki juga akan bernilai lebih oleh adanya inflasi.

Apa saja investasi yang cocok sebagai persiapan dana pendidikan anak? Simak ulasannya berikut ini.

  1. Reksadana

Reksadana adalah investasi yang berupa pengelolaan uang oleh sebuah perusahaan manajemen investasi. Laporan dari perkembangan investasi yang Anda lakukan akan Anda dapatkan dalam interval waktu tertentu. Reksadana tersedia dalam beberapa jenis sesuai dengan jenjang pendidikan setiap anak. Reksadana dinilai efektif mengatasi dampak inflasi yang mempengaruhi dana pendidikan anak Anda. Anda bisa membeli investasi reksadana dan juga mencairkannya dalam waktu yang singkat sesuai dengan ketentuan yang berlaku

  1. Properti

Investasi dengan cara membeli rumah atau tanah akan memberikan hasil yang lumayan besar. Memang investasi jenis ini adalah investasi jangka panjang. Anda baru bisa menikmati hasilnya setelah sekitar tujuh hingga sepuluh tahun saat harganya sudah naik sangat tinggi. Dengan pemahaman seperti itu, maka yang Anda lakukan adalah membeli investasi tersebut sedini mungkin atau ketika anak Anda masih kecil. Anda juga bisa menggunakan properti yang Anda miliki untuk disewakan sebagai masukan tambahan.

  1. Tabungan

Melakukan investasi dengan cara menabung adalah cari yang paling banyak digunakan. Selain karena prosesnya yang mudah, dan Anda bisa mengakses tabungan Anda kapan saja. Anda juga mendapatkan bunga sekitar 1% hingga 2% dengan potongan pajak antara 15% sampai 20% tergantung dari jumlah saldo tabungan Anda. Investasi jenis ini digunakan untuk memenuhi kebutuhan si anak yang sifatnya rutin seperti uang saku, spp, bimbingan belajar, dan lainnya.

  1. Deposito

Deposito sifatnya hampir sama dengan tabungan. Hanya saja investasi jenis ini dilakukan dengan cara menyimpan sejumlah uang di bank dan mendapatkan bungan yang lebih banyak daripada menabung biasa dengan kisaran bunga kira-kira 6% per tahunnya. Umumnya bank yang menawarkan layanan deposito memberikan  syarat jumlah tertentu uang yang akan disimpan. Selain itu, Anda juga tidak bisa mengakses uang tersebut kapan saja layaknya tabungan. Uang yang sudah Anda depositokan tidak bisa Anda ambil setelah jangka waktu tertentu yaitu satu bulan hingga satu tahun lamanya.

  1. Asuransi Pendidikan

Asuransi sebagai fungsi dasarnya adalah untuk melindungi. Maka, pemilik asuransi, di kasus ini adalah orang tua dari si anak, yang menjadi tulang punggung keluarga diharuskan membayar sejumlah uang untuk premi dalam waktu yang juga sudah ditentukan sesuai dengan perjanjian di awal pendaftaran asuransi tersebut. Fungsi dari memiliki asuransi pendidikan adalah Anda akan mendapatkan dana setiap kali anak Anda memasuki jenjang pendidikan baru. Keuntungan lain adalah, dana asuransi akan tetap didapatkan apabila pemilik asuransi tersebut meninggal dunia tanpa harus membayar premi lagi.

Sumber:

http://www.suara.com/bisnis/2015/08/03/152407/5-cara-menyiapkan-dana-pendidikan-anak-dengan-berinvestasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s