Jenis – Jenis Asuransi.

Di dalam menjalani kehidupan ini, kita semua tidak terlepas dari faktor resiko, seperti ; sakit, kecelakaan sampai dengan meninggal. Kita menyadari bahwa segala sesuatu yang kita jalani di dunia ini, sudah ada yang mengaturnya yaitu Allah SWT, akan tetapi sebagai manusia yang beri akal dan pikiran, kita wajib berusaha untuk meminimalkan resiko-resiko tersebut di atas.

Asuransi adalah salah satu lembaga keuangan non bank, asuransi di kenal sebagai alternatif investasi yang cukup baik dan meminimalkan resiko atas kejadian yang tidak kita inginkan yang datangnya tiba-tiba.  Lembaga Asuransi akan membayar sejumlah uang yang di sebut premi, kepada pemegang polis atau peserta Asuransi atau tertanggung mengalami musibah dan mendapat kerugian ataupun kerusakan yang tercantum dalam kontrak , tertanggung berhak mengajukan klaim asuransi.

 

 

jenis-jenis-asuransi

Berikut adalah jenis-jenis asuransi yang ada di Indonesia

1 . Asuransi kesehatan. Asuransi kesehatan ini sudah cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia. Jenis asuransi kesehatan ini merupakan produk asuransi yang menangani masalah kesehatan tertanggung karena suatu penyakit dan menanggung biaya proses perawatan. Sudah banyak orang yang menggunakan jenis asuransi ini. Karena jenis asuransi ini merupakan asuransi yang paling mudah dan pada umumnya banyak di temui di masyarakat. Asuransi kesehatan ini biasanya di sediakan oleh Pemerintah , seperti BPJS atau diberikan oleh perusahaan atau instansi dimana seseorang bekarja.

  1. Asuransi jiwa. Jenis asuransi ini merupakan suatu asuransi yang bertujuan untuk menanggung kerugian finansial yang tak terduga, yang disebabkan karena kematian. Bisa juga diartikan bahwa asuransi jiwa merupakan suatu kontrak perjanjian antara pemegang polis dengan perusahaan asuransi dimana pihak asuransi berjanji untuk membayarkan nominal uang jika terjadi resiko kematian terhadap pihak pemegang asuransi.
  2. Asuransi pendidikan. Jenis asuransi ini sangat bermanfaat bagi pendidikan anak di masa yang akan datang. Dimana asuransi ini merupakan alternatif terbaik untuk menjamin kehidupan yang lebih baik terutama pada aset pendidikan anak. Adapun biaya premi yang harus dibayarkan tertanggung kepada perusahaan asuransi ini berbeda-beda sesuai dengan tingkatan pendidikan yang diinginkan.
  3. Asuransi kendaraan. Biasanya jenis asuransi kendaraan ini yang di pertanggungkan diantaranya: kerusakan kendaraan yang disebabkan karena tabrakan, terbalik, benturan, atau apapun yang menyebabkan kerusakan dan kerugian seperti kebakaran ata pencurian.
  4. Asuransi property. Jenis asuransi ini dapat memberikan atau menyediakan perlindungan bagi pemiliki property dalam hal kerugian yang dapat ditimbulkan akibat terjadinya kebakaran maupun kerusakan akibat bencana alam.
  5. Asuransi kredit. Asuransi jenis ini berkaitan dengan jasa perbankan. Yakni proteksi atas resiko kegagalan debitur untuk melunasi pinjaman tunai seperti modal kerja, kredit pembelian, dan lain sebagainya. Asuransi kredit ini memiliki tujuan untuk melindungi bank atau lembaga keuangan lainnya dari kemungkinan tidak memperoleh kembali kredit yang dipinjamkan kepada nasabah dan membantu memberikan pengarahan serta keamanan perkreditan.
  6. Asuransi Perjalanan. Dalam suatu perjalanan, misalnya perjalanan ke luar negri akan ada kemungkinan terjadinya suatu masalah seperti penundaan penerbangan,kehilangan barang bawaan, kecelakaan atau sakit yang pastinya membutuhkan dana tambahan. Dengan adanya asuransi perjalanan ini, semua kerugian atau ketidaknyamanan dalam suatu perjalanan bias ditanggung oleh pihak perusahaan asuransi. Sehingga demi kelancaran dan kenyamanan saat dalam perjalanan, asuransi ini bias sangat dibutuhkan.
  7. Asuransi kerugian. Jenis asuransi kerugian ini dikenal dengan istilah Non Life Insurancedan telah diatur dalam UU No.2 tahun 1992 untuk menangani kerugian atas suatu usaha. Contoh asuransi kerugian ini antara lain: asuransi kebakaran yang akan memberikan proteksi terhadap kerugian akibat terjadinya kebakaran pada kantor, rumah, hotel dan lain sebagainya. Selain itu juga ada asuransi pengangkutan yang akan memberikan proteksi selama masa pengangkutan barang baik lewat darat, laut maupun udara.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s