3 teknologi yang paling berpengaruh dalam kehidupan manusia modern.

  1. Internet

intern

Internet adalah jaringan atau sistem pada jaringan komputer yang saling berhubungan (terhubung) dengan menggunakan Sistem Global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.

Jumlah pengguna internet makin banyak terlebih dengan adanya smartphone yang memungkinkan setiap orang terhubung dengan internet hingga 24 jam. Tak hanya itu internet menjadi sebuah fasilitas yang dipergunakan perorangan ataupun sekelompok orang untuk mendirikan basis usahanya secara online. Sebut saja Gojek, Grab, Uber,facebook, google, yahoo dan banyak lainnya.

Jika internet tak ada, maka tak akan ada website, tak akan ada informasi super cepat lewat google serta tak akan ada orang yang berjualan serta mendirikan usaha secara gratis lewat online seperti sekarang ini. Internet telah mengubah dunia dan kebutuhan dunia dalam berbisnis, menyebarkan informasi hingga mempermudah komunikasi dengan siapapun.

  1. Smart Phone

2016-smartphone-comparison-20

Smartphone  adalah telepon genggam yang mempunyai kemampuan dengan pengunaan dan fungsi yang menyerupai komputer. Belum ada standar pabrik yang menentukan arti ponsel cerdas. Dengan smartphone, kita bisa menginstall aplikasi-aplikasi yang berbasiskan Android (berbasis Linux yang dirancang untuk perangkat seluler layar sentuh, seperti ponsel cerdas serta komputer tablet.), IOS ( iOS adalah sistem operasi perangkat bergerak yang dikembangkan dan didistribusikan oleh Apple Inc) dan Windows phone (keluarga sistem operasi perangkat bergerak yang dikembangkan oleh Microsoft dan merupakan pengganti platform Windows Mobile). Saat Android muncul, saat itu pula ponsel cerdas menjamur diseluruh dunia dengan beragam jenis merek yang menawarkan ponsel OS android dari harga termurah hingga harga termahal sebanding dengan harga motor. Maka tak heran android sudah menjadi bagian dari kemudahan beraktivitas bagi manusia dikesehariannya, terutama dalam berkomunikasi lewat social media dan aplikasi lainnya yang bisa diakses pada Smartphone.

  1. Cloud Computing

cloud

Cloud computing mungkin masih samar terdengar bagi orang awam. Tetapi keberadaan cloud computing di era digital kini sebenarnya telah terasa di tengah masyarakat dalam kehidupan sehari hari seperti penggunaan email dan juga media sosial.

Secara umum, definisi cloud computing (komputasi awan) merupakan gabungan pemanfaatan teknologi komputer (komputasi) dalam suatu jaringan dengan pengembangan berbasis internet (awan) yang mempunyai fungsi untuk menjalankan program atau aplikasi melalui komputer – komputer yang terkoneksi pada waktu yang sama, tetapi tak semua yang terkonekasi melalui internet menggunakan cloud computing.

Teknologi komputer berbasis sistem Cloud ini merupakan sebuah teknologi yang menjadikan internet sebagai pusat server untuk mengelola data dan juga aplikasi pengguna. Teknologi ini mengizinkan para pengguna untuk menjalankan program tanpa instalasi dan mengizinkan pengguna untuk mengakses data pribadi mereka melalui komputer dengan akses internet.

 Manfaat Cloud Computing Serta Penerapan Dalam Kehidupan Sehari – hari

Setelah penjabaran definisi singkat diatas tentu penggunaan teknologi dengan sistem cloud cukup memudahkan pengguna selain dalam hal efisiensi data, juga penghematan biaya. Berikut manfaat manfaat yang dapat dipetik lewat teknologi berbasis sistem cloud.

  1.  Semua Data Tersimpan di Server Secara Terpusat

Salah satu keunggulan teknologi cloud adalah memungkinkan pengguna untuk menyimpan data secara terpusat di satu server berdasarkan layanan yang disediakan oleh penyedia layanan Cloud Computing itu sendiri. Selain itu, pengguna juga tak perlu repot repot lagi menyediakan infrastruktur seperti data center, media penyimpanan/storage dll karena semua telah tersedia secara virtual.

  1.  Keamanan Data

Keamanan data pengguna dapat disimpan dengan aman lewat server yang disediakan oleh penyedia layanan Cloud Computing seperti jaminan platform teknologi, jaminan ISO, data pribadi, dll.

  1.  Fleksibilitas dan Skalabilitas yang Tinggi

Teknologi Cloud menawarkan fleksibilitas dengan kemudahan data akses, kapan dan dimanapun kita berada dengan catatan bahwa pengguna (user) terkoneksi dengan internet. Selain itu, pengguna dapat dengan mudah meningkatkan atau mengurangi kapasitas penyimpanan data tanpa perlu membeli peralatan tambahan seperti hardisk. Bahkan salah satu praktisi IT kenamaan dunia, mendiang Steve Jobs mengatakan bahwa membeli memori fisik untuk menyimpan data seperti hardisk merupakan hal yang percuma jika kita dapat menyimpan nya secara virtual/melalui internet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s