Bertemu Teman lama..

teman-lama-1

Sore hari ini saya menemui teman lama saya, yang sudah hampir 10 tahun tidak bertemu.Secara fisik, tidak banyak perubahan, beliau masih tetap seperti dulu, penuh energik, humoris dan hangat. Setelah bicara tentang masa lalu, akhirnya kami masuk ke topic yang kebih serius, yaitu tentang jaminan khidupan masa depan, oh ya teman saya ini adalah seorang pengusaha yang bergerak di bidang peternakan ikan Tawar.

Pada saat saya bertanya, apakah sudah punya Asuransi ? , dengan sedikit mengerut dahinya, iya berkata , Asuransi ? hemm saya rasa saya tidak perlu asuransi. Pengalaman kehidupan mengajarkan kepada saya bahwa tidak perlu asuransi, selama kita punya usaha, toch kalau terjadi sesuatu, tinggal ambil dari tabungan dan deposito, bagi seorang pengusaha yang penting adalah Investasi. Lebih baik uang bayar premi bulanan, di jadikan cicilan rumah atau Apartemen, kemudian beliau juga mengatakan , bahwa dalam 10 tahun terkahir ini dia tidak mempunyai penyakit serius, palingan masuk angin dan flu, berobat ke Dokter umum, juga sembuh. Keadaan menjadi huni sejenak, sebagai agen asuransi, saya merasa kasihan melihat teman saya tersebut dan dalam hati saya berkata, bahwa saya harus memberikan informasi yang benar kepada teman saya tersebut, tanpa ada maksud untuk jual Asuransi, karena saya tidak mau kalau terjadi sesuatu atas teman baik saya ini, saya akan menyesal karena tidak memberikan informasi yang benar.

Secara perlahan saya mulai menjelaskan prinsip dasar perbedaan antara investasi dan Asuransi Investasi itu kita MENGHARAPKAN IMBAL HASIL YANG KITA INGINKAN DI MASA DEPAN, maka asuransi itu kita MENGHINDARKAN RISIKO YANG TIDAK KITA INGINKAN DI MASA DEPAN. Apa contohnya resiko yang tidak kita inginkan ? jawabannya ; Sakit, kecelakaan, meninggal atau kehidupan yang panjang. Saya bertanya lagi kepada teman saya tersebut, apakah mungkin yang namanya manusia tidak pernah sakit ? apakah mungkin yang namanya manusia, tidak akan meninggal ?,Kalau kita sakit langsung meninggal, tidak banyak biaya yang di butuhkan, akan tetapi kalau sakit yang di derita seseorang, memerlukan pengibatan yang rutin dan panjang, bisa di bayangkan berapa biaya yang harus di keluarkan, apakah tujuan investasi kita untuk menyediakan sejumlah uang/dana untuk pengobatan ? tentu tidak, untuk itulah peran Asuransi di butuhkan.

Asuransi dan Investasi mempunyai peranannya masing-masing. Asuransi di butuhkan untuk proteksi, sedangkan investasi sebagai investing yang bertujuan untuk mengembangkan nilai jumlah uang/asset yang di miliki. Asuransi juga mempunyai fungsi yang memberikan perlindungan terhadap kemungkinan terjadinya kerugian pada masa mendatang dan memberikan rasa aman, melindungi keluarga.

Setelah saya menjelaskan hal di atas dan di sertai beberapa contoh dalam kehidupan nyata, akhirnya teman saya tersebut sadar dan berencana untuk segera punya Polis Asuransi Jiwa.

Indahnya berbagi..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s